Monday, March 27, 2017

Cara Membuat NIP di Excel

Assalamualaikum Wr.Wb
Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi cara membuat NIP menggunakan ms. excel. NIP merupakan Nomor Induk PNS yang terdiri dari 18 digit. Contohnya: 199811072017011001

8 digit pertama adalah tanggal lahir. 19981107 yang artinya 1998 adalah tahun lahir, 11merupakan bulan lahir, dan 07 merupakan tanggal lahir.
6 digit selanjutnya adalah tanggal pengangkatan CPNS. 201701 yang artinya 2017 adalah tahun di angkat PNS dan 01 merupakan bulan di angkat.
1 digit selanjutnya merupakan jenis kelamin, yaitu 1 untuk laki-laki dan 2 untuk perempuan.
3 digit terakhir adalah nomor urut pengangkatan.

Berikut saya akan berbagi langkah-langkahnya.
1. Siapkan terlebih dahulu data-data PNS yang akan dibuat NIP nya
2. Ubah data menjadi "General"

Tanggal lahir. Untuk mengambil tahun, bulan dan tanggal lahir, kita dapat menggunakan formula Time&Date. Untuk mengambil tahun, kita menggunakan formula =Year(C3) kemudian Enter.

Bulan lahir, kita menggunakan formula MONTH, IF,CONCATENATE (untuk menggabungkan angka nol dengan bulan), dan LEN(untuk menghitung jumlah karakter), karena untuk menambahkan angka 0 di depan bulan yang hanya 1 digit.

Dan untuk mengambil Tanggal, kita juga formula DAY, IF, CONCATENATE (untuk menggabungkan angka nol dengan tanggal), dan LEN(untuk menghitung jumlah karakter), karena untuk menambahkan angka 0 di depan tanggal yang hanya 1 digit.

Tanggal Pengangkatan CPNS. Untuk bagian ini, kita melakukan hal yang sama seperti tanggal lahir, namun tidak mencantumkan tanggal pengangkatan.
Jenis Kelamin. Pada bagian ini, kita menggunakan formula IF untuk memilih antara P atau L

No. Urut. Pada bagian ini, kita menggunakan formula IF dan CONCATENATE. Hal ini dilakukan untuk menggabungkan angka nol dengan nomor urut yang digitnya kurang dari 3


Ketiga, kita harus menggabungkan angka-angka yang sudah sesuai tersebut menjadi sebuah NIP dengan formula CONCATENATE



Keempat, Perbanyak rumus dengan cara drag ke bagian bawah



Kelima, Hide semua kolom pembantu (kolom merah) tersebut dengan cara mengeklik kanan pada mouse, dan pilih Hide.



Hasilnya akan menjadi seperti ini




Namun, bila kita ingin mencetak dokumen ini, Kolom yang kita Hide akan ikut tercetak. Cara agar hide tidak tercetak adalah dengan mengcopy semua formula pada kolom bantuan tersebut, kemudian menggabungkannya di kolom NIP dengan formula CONCATENATE.



Setelah itu, hapus semua kolom bantuan tersebut

1 comment:

Post a Comment

Flag Counter

free counters

CBox

Blog Archive

Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Flag counter

Widgeo

Animation