Wednesday, March 29, 2017

Cara membuat Pivot table (ANALISIS)

PIVOT TABLE ANALISIS DATA

Assalmualaikum Wr.Wb
kembali ke bahasan membuat table pivot lagi. setelah kemarin saya mempost cara membuat pivot table tapi kali ini lebih mendalam tentang pivot tablenya. 
Oke langsung ajaa

A. Daftar Belanja Barang

1. Siapkan data yang akan di jadikan pivot table
2. Berikut contoh datanya
 
3.Pilih insert >>> Pivot Table 
4. Select data yang sudah di ketik
5.    Jika ingin menyertakan beberapa tabel atau sumber data di PivotTable Anda, klik kotak centang Tambahkan data ini ke Model Data .
Klik OK, lalu Excel akan membuat PivotTable kosong, dan menampilkan daftar Bidang PivotTable .



a. Disini saya mengambil contoh kasus pelaporan berdasarkan Supplier, sehingga pada kolom Report Field saya isi dengan Supplier dengan cara meng-drag tulisan Supplier yang saya lingkari ke kolom Report Field.
b. Untuk Row Labels Y isi dengan Nama Barang. Cara mengisi Row Labels sama dengan mengisi Report Filter, yaitu dengan meng-klik Field tulisan Nama Barang yang telah saya lingkari lalu drag ke kolom Row Labels
c. Untuk Coloumn Labels saya kosongkan (Sesuai dengan kebutuhan pelaporan yg akan kita buat)
d. Pada kolom ∑ Values kita dapatkan dengan klik kanan pada Field HARGA lalu pilih add to ∑ Values, maka secara otomatis kolom ∑ Values akan terisi dengan sum of HARGA. 


Kalau kita ingin membuat pivot dengan Table chart bisa kita gunakan bagian ini
Setelah itu akan jadi seperti ini ^_^



Terimakasih sudah membaca postingan ini semoga bermanfaat



No comments:

Post a Comment

Flag Counter

free counters

CBox

Blog Archive

Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Flag counter

Widgeo

Animation